Rabu, 17 November 2010

--Praktikum OTK 2--

Praktikum Operasi Teknik Kimia 2, atau biasa yang disebut praktikum OTK 2 adalah salah satu dari mata kuliah yang harus ditempuh oleh setiap calon-calon Chemical Engineer program studi S-1 Teknik Kimia Unlam. Praktikum ini merupakan praktikum inti teknik kimia yang merupakan lanjutan dari praktikum OTK 1. Berbeda dengan praktikum-praktikum dasar kayak kimdas, kiman, kimfis, fisdas dan mikro, praktikum OTK ini SKS nya 2 lo.. jadi jangan main-main hehe.

Walaupun praktikum ini cuma 2 SKS, jika dibandingkan dengan mata kuliah yg lain yg SKS nya 3, praktikum OTK ini dirasakan lebih berat. Kok bisa? ya bisa lah, laporannya itu lo yang bikin berat. Udah banyak, tulis tangan pula, belum lagi kalau di coret sama asisten, syukur2 di coret sama pensil, bisa dihapus, kalaunya sama pulpen ato spidol? ga bisa di bayangin deh. Tapi yang udah merasakan bisa kok membayangkan, hehe :)

Well, praktikum OTK 2 terdiri atas 5 buah percobaan yakni, CSTR, Distilasi Batch, Heat Exchenger, trus Leaching, sama Tangki Berpengaduk. Nah, lebih jelasnya kalian download sendiri ya... nih link dowloadnya, langsung unduh aja..

1. Percobaan 1 CSTR
2. Percobaan 2 HE
3. Percobaan 3 Distilasi Batch
4. Percobaan 4 Leaching
5. Percobaan 5 TB
 

Oke, semoga bermanfaat ya...

0 komentar:

Poskan Komentar

Komentar di bawah sini ya...