Kamis, 24 Februari 2011

Apakah Itu Chemical Cleaning??


Sekitar dua hari yang lalu, saya dan teman kerja praktek saya mendapatkan kesempatan untuk melihat langsung pembersihan atau maintenance alat di pabrik. Jarang lho dapat kesempatan seperti ini,hehe. Alat yang kami lihat lagi dibersihkan yakni Heat Exchanger Tipe Plate, yakni suatu alat penukar panas yang tersusun atas plate yang jumlahnya banyak sebagai media perpindahan panas. Dari hasil pengamatan tersebut, diperoleh lagi ilmu yang baru, yakni tentang Chemical Cleaning. Nah lho? Apaan tuh?

Chemical Cleaning merupakan suatu cara pembersihan alat dengan menggunakan bahan kimia tertentu. Selain chemical cleaning, cara pembersihan yang lain yaitu dengan menggunakan Mechanical cleaning. Adapun mechanical cleaning merupakan cara pembersihan alat secara mekanis.

Alat-alat yang biasa dilakukan chemical cleaning yaitu Exchanger, evaporator ataupun alat proses yang lain yang mudah kotor karena terbentuk scale ataupun endapan yang menempel pada alat. Kotoran berupa scale ini disebabkan oleh fluida yang mengalir di dalam alat tersebut ataupun karena adanya kontaminasi udara (oksigen) pada alat yang dapat menimbulkan korosi pada alat. Adanya kotoran pada alat dapat menurunkan performance alat. Jika pada Exchanger terdapat kotoran maka perpindahan panas ataupun transfer panasnya dapat berkurang atau menurun yang berpengaruh terhadap jalannya proses. Sehingga alat-alat tersebut secara berkala harus dibersihkan. Ada alat yang dibersihkan secara berkala, misalnya pada saat pabrik lagi shut down atau TA (turn around) baru bisa dibersihkan.

Pemilihan bahan kimia yang digunakan dalam chemical cleaning tergantung dari bahan konstruksi alat yang mau dibersihkan. Jangan sampai menggunakan bahan yang dapat merusak alat dan bersifat korosi. Misalnya untuk pembersihan Exchanger tipe Plate, digunakan bahan kimia Asam Sitrat (Sitrat Acid). Prosesnya dilakukan secara berulang-ulang yakni dengan sirkulasi Asam Sitrat ke dalam Plate dengan cara dipompakan dari suatu tangki terus menerus. Kotoran yang biasanya ada yakni Fe, jadi sirkulasi dilakukan secara kontinyu, secara berkala, larutan Asam Sitrat yang disirkulasi yang tertampung didalam tangki, diambil sampel untuk menganalisa kandungan Fe nya. Biasanya setiap satu jam sekali. Sirkulasi dilakukan terus sampai akhirnya didapatkan hasil analisa kandungan Fe yang tidak bertambah atau sudah jenuh. Proses ini biasanya memakan waktu 8 jam atau lebih.

Indikator yang menunjukkan adanya kotoran dalam suatu alat misalnya HE tipe Plate ini adalah penurunan performance transfer panasnya. Sebagaimana exchanger yang lain, untuk tipe plate ini, jika mengalami penurunan performance, artinya transfer panas berkurang, hal yang dapat dilakukan adalah dengann melakukan cleaning baik berupa chemical maupun mechanical cleaning. Selain kotoran, hal yang dapat menurunkan performance Plate HE yakni rusaknya plate itu sendiri, Plate HE merupakan HE yang tersusun atas banyak plate, jadi jika terjadi hal demikian,plate yang rusak diambil atau diganti dengan plate yang baru.

3 komentar:

precommissioning mengatakan...

Seek advice from the professional, or better yet call a service that could do the job for you. Matters like this should be done by someone equipped with knowledge and right tools.

Ziya sukses mandiri mengatakan...

Assalammu Alaikum wr wb.

Perkenalkan saya Syarif Hamdy...kebetulan saya bergerak di bidang jasa Chemical Cleaning, Waterjet Cleaning, Sandblasting, Coating & Painting....

Setuju banget dengan comment dari "precommissioning" di atas...memang untuk pekerjaan chemical cleaning, biasanya pihak pabrik memakai jasa tenaga professional, seperti perusahaan saya & juga perusahaan2 lainnya yang bergerak di bidang jasa chemical cleaning, yang di Indonesia masih sangat sedikit sekali jumlahnya,,,,

Kapan2 kita bisa ngobrol2 ya Mas Sofyan....

Silahkan dilihat2 di web saya (yang masih dibangun) : www.chemicalcleaningspecialist.com atau di www.chemicalcleaning.wordpress.com
ini alamat email saya : syarifhamdy@gmail.com & ziyasuksesmandiri@gmail.com

Thanks ya....
Wassalammu Alaikum wr. wb.

Water Chemical Solution mengatakan...

Thanks infonya gan.
Mantabbbbssss.........
Chemical cleaning

Poskan Komentar

Komentar di bawah sini ya...