Kamis, 24 Februari 2011

Sistem Kesetimbangan Methanol-Air (Tugas OTK 3)


Bismillah...

Alhamdulillah.. lagi-lagi dapat kabar bahwa ada tugas kuliah. Tugas lagi, tugas lagi, tugas kok lagi-lagi hehe. Kali ini tentang tugas Operasi Teknik Kimia 3 yang banyak berbicara tentang sistem kesetimbangan uap-cair atau yang lebih keren disebut Vapour-Liquid Equilibrium (VLE). VLE merupakan prinsip dasar dalam sistem separasi atau pemisahan seperti distilasi, evaporasi, ekstraksi, makan nasi (hehe, kalo yg ini kesetimbangan ekosistem). Syukur aja di pabrik tidak terlalu sibuk, jadinya disela-sela jari jemari, eh maksudnya disela-sela kerja praktek, masih bisa mengerjakan ni tugas. Daripada ga ada kerjaan..:)

Baiklah, sebelumnya saya akan bercerita sedikit tentang soalnya,hehe:

Diketahui Titik Didih Metanol (A) pada 1 atm adalah 64,7 derajat C dan Air (B) 100 derajat C. Berdasarkan data ini buatlah diagram x versus y* untuk metanol dan juga cari relative volatility-nya...!!

Nah sobat, gmn cara jawabnya nih? hmm... Katanya sih di buku ada caranya, dan setelah di cek emang ada..:) tapi yang dibuku itu sistemnya beda. Ya kalonya sama enak bener..:)

But, no problem.

Setelah saya coba-coba akhirnya bisa juga, tapi sekali lagi, karena saya adalah manusia jadi punya peluang untuk salah, maka dari itu sehingga,hehe, diharapkan kepada sobat semua di share ilmunya ya..:)

Langkah-Langkah pengerjaan:
1. Cari tekanan uap komponen untuk suhu 64,7 - 100 derajat celcius menggunakan persamaan antoine, ln P = A - (B/(T+C)) dengan P=mmHg dan T=K. Nilai A,B,C dapat dicari dari buku2 yang menyediakan data properties seperti di buku Coulson Richardson, di appendiksnya.

2. Setelah didapat tekanan uapnya terus dicari deh relative volatility dengan rumus PA/PB.

3. Habis itu apalagi ya..hehe cari fraksi mol komponen A (metanol) dalam uap (y) dan cairnya (x)

4. Habis itu ya udah deh, langsung di plotkan grafik x versus y*

Mudahnya, langsung cek saja perhitungan saya di sini:

Perhitungan Sistem Metanol-Air (Tugas OTK3)

Jika sobat ada waktu luang dan ga keberatan buat koreksi hasil perhitungan saya, silakan di cek n ricek ya. Jika ada tanggapan dipersilahkan.

Demikian, semoga bermanfaat ya... Nantikan soal-soal selanjutnya..hehe

^_^!

1 komentar:

Anonim mengatakan...

thanks sob. memmbantu bgt :D

Poskan Komentar

Komentar di bawah sini ya...