Senin, 21 Februari 2011

Perhitungan vdW-RK-SRK-PR and Lee Kesler's Method (Tugas Termo 2)


Bismillah...

Alhamdulillah, sekarang saya mencoba berbagi tentang tugas mata kuliah termodinamika teknik kimia 2 yang ga tau juga kapan dikumpulnya, hehe. Saya juga belum ikut kuliahnya, karena terbentur dengan Kerja Praktek, tapi ya no problem, saya mencoba untuk berusaha semaksimal mungkin agar tidak ketinggalan kuliah, walaupun ga hadir kuliah. Sebenarnya sih mata kuliah ini sudah saya ambil di semester 4 lalu, tapi karena masih ada sks yang nganggur, mending di manfaatin aja, daripada mubazir.. iya kan?

Sambil kerja praktek akhirnya, saya berhasil juga menyelesaikan tugas ini di pabrik,hehe. Saya juga ga tau sih, jawaban saya ini benar atau tidak, tapi saya sudah mencoba mengerjakannya sesuai dengan prosedur. Jadi kalonya salah, berarti prosedurnya yg dibuku yang salah (halah, alasan...hehe)

Soal itu sebenarnya mudah, jawabannya yang sulit,hehe. Soalnya cuman membuktikan nilai Z, entalphi dan entropi dari beberapa metode. Metode-metode yang digunakan yakni:
1. Van der Walls's Method (vdW Equation)
2. Redlich-Kwong's Method (RK Equation)
3. Soave-Redlich-Kwong's Method (SRK Equation)
4. Peng-Robinson's Method (PR Equation)
5. Lee Kesler's Method (LK Equation)

Jawabannya sudah ada kok, tapi cuman nilainya doank, jalan atau prosedur penyelesaiannya yang ga ada hehe, jadi musti dibuktiin, ntar dibandingkan hasil yang kita dapatkan dengan hasil yang ada di tabel.

Setelah mencoba dan mencoba, akhirnya selesai juga, tapi baru perhitungannya aja sih. Saya menyelesaikannya dengan bantuan Ms Excel biar mudah, soalnya ada prosedur iterasi, jadinya ya efektif pakai Ms Excel aja..:)

Langsung aja ya, bagi yang berminat, silakan di unduh perhitungannya di sini:

Perhitungan vdW-RK-SRK-PR and Lee Kesler's Method
Bagi sobat yang juga sudah mengerjakan, share donk, biar bisa di bandingkan mana yang benar gitu...

Semoga bermanfaat ya...:)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum mas saya tertarik dengan catatan kecil anda yg sangat bermanfaat sekali. Kalo berkenan saya ingin bertanya kepada mas soal teknik kimia. Bisa hub saya lewat email saskiakatrine26@gmail.com terimakasih mas

Posting Komentar

Komentar di bawah sini ya...