Minggu, 20 Februari 2011

Apa Sih Susahnya Mengucapkan Salam...??


Bismillah...

Alhamdulillah tanpa terasa sudah genap 1 bulan menjadi "warga sementara" Bontang. Banyak hal yang sudah ane dapatkan selama tinggal di kota yang berjuluk kota TAMAN ini. Diantara keseharian yang ane lakukan setiap harinya adalah memenuhi kewajiban sebagai seorang laki-laki muslim, yakni sholat 5 waktu berjama'ah di masjid. Masjid yang biasa ane datangi yakni Masjid Al-Furqon, di komplek BTN PKT Bontang. Dari nama kompleknya, Sobat tentu sudah tau komplek macam apa itu. Ya benar sekali, Komplek BTN PKT merupakan Komplek perumahan yang mayoritas dihuni oleh orang-orang yang bekerja di PT. Pupuk Kaltim.

Alhamdulillah, tempat kos ane tinggal dekat dengan masjid,sehingga bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Yah lebih kurang 3-5 menitan lah kalaunya jalan kaki. Tapi sering naik motor juga sih, hehe, soalnya dapat pinjaman motor dari sepupu teman KP ane di sini. Masjid Al Furqon, masjid yang sangat makmur kalau boleh ane bilang. Makmur disini bukan berarti masjidnya megah (walaupun sebenarnya lumayan megah juga sih,hehe) tapi maksudnya adalah banyaknya orang-orang yang menunaikan sholat berjama'ah 5 waktu di sini. Subhanalloh...

Jama'ah masjid Al-Furqon, mayoritas adalah orang-orang yang tinggal di Komplek BTN PKT (ya iyalah, tempatnya juga di BTN PKT,hehe). Kalaunya boleh ane bilang lagi, orang-orang di sini pada makmur semua (orang kaya gitu lho). Alhamdulillah, itulah fadhlullah yu'tiihi man yasyaa-a. Keutamaan Alloh yang diberikan oleh-Nya kepada siapa yang Dia kehendaki dari hamba-hambaNya.

Nah.. kok masih belum nyambung ya postingannya ama judulnya..hehe, bentar, sabar donk..:)

Jadi begini sobat,kalonya ane sama teman ane ke masjid gitu ya dengan berjalan kaki, biasanya sering tuh berpapasan sama orang lain yang juga mau ke masjid, kebanyakan sih mereka naik motor gitu ada juga yang naik mobil. Tapi sayangnya kok mereka berlalu begitu saja ya tanpa mengucapkan salam, apa memang susah ya ngucapin salam itu?. Bukannya ane pengen di salam-salamin tapi kan alangkah indahnya jika suasana menyerbakan salam itu hadir ditengah kita sebagai sarana yang dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap sesama muslim. Bukan begitu sobat?

Mudah-mudahan itu semua hanya karena ketidaktahuan mereka tentang keutamaan menebarkan salam kepada saudara sesama muslim. Banyak kok dalil-dalil yang menyebutkan tentang keutamaan menyebarkan salam, diantaranya nih ya..

Dari Abu Hurairah -radhiallahu ‘anhu- dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Kalian tidak akan masuk surga hingga kalian beriman, dan tidaklah kalian beriman hingga kalian saling menyayangi. Maukan kalian aku tunjukkan atas sesuatu yang mana apabila kalian mengerjakannya niscaya kalian akan saling menyayangi. Sebarkanlah salam di antara kalian.” (HR. Muslim no. 54)

Subhanalloh... betapa indahnya kan sobat, jika kita bisa menebarkan salam kepada saudara-saudara kita. Akan tumbuh rasa saling sayang yang menjadikan kita beriman yang pada akhirnya menghantarkan kita menuju surga-Nya. Mungkin sepele dan kecil menurut kita, tapi ganjarannya, luar biasa.

Semoga menjadi ibroh buat kita semua... Sebarkan salam yuk..!

2 komentar:

Nurmayanti Zain mengatakan...

Bismillah

Hmm, karena tidak kenal makanya jadi sungkan menyapa. Kalo yang naik kendaraan, adabnya sih mereka duluan yang memberi salam. Agak ribet memang tapi coba deh menebar salam lebih dahulu terus pasang tampang manis. Syukur-syukur kalau dilirik tapi kalo dicuekin kan itung-itung tetep dapat pahala.. Nothing to Lose..

Semangat!

Abu Affan mengatakan...

Ya seperti itu lah faktanya sekarang... Ya walaupun tidak kenal ya gpp kan, padahal kan diantara tanda-tanda kiamat itu adalah memberi salam hanya kepada org yang dikenal saja...

Semoga Alloh memudahkan bagi kita semua untuk dapat menebar salam kepada saudara sesama muslim. InsyALLOH...

Poskan Komentar

Komentar di bawah sini ya...