Sabtu, 22 Januari 2011

Sekilas Tentang PT. Kaltim Parna Industri


KPI plant terletak di Tanjung Harapan, Bontang Kalimantan timur dengan luas daerah 6 hektar yang merupakan reklamasi pantai. Diana sekeliling plant terdapat juga beberapa petrochemical plant antara lain PT. Pupuk Kalimantan Timur (PKT), PT. Kaltim Pasifik Ammonia (KPA), PT. DSM Kaltim Melamine (DSM) dan PT. Kaltim Methanol Industri (KMI). Sisi selatan dari area plant merupakan pantai di mana terletak ammonia tank untuk penyimpanan produk dan jetty PT. KPI yang berfungsi untuk pengapalan produk.


Kaltim Parna Industri (KPI) didirikan pada tahun 1995. KPI terletak di Kaltim Industrial Estate Bontang, Kalimantan Timur dengan kapasitas produksi 500.000 ton pertahun (1.500 MTPD). KPI merupakan perusahaan joint venture antara Mitsubishi Corporation (50 %), PT. Parna Raya (25 %), Yayasan Tabungan Hari Tua PT. Pupuk Kalimantan Timur (5 %), Yayasan Dana Pensiun PT. Pupuk Kalimantan Timur (5 %), Asahi Chemical Industry Co. Ltd. (10 %), dan Nippon Yusen Kabushiki Kaisha (5 %).


KPI bekerjasama dengan beberapa perusahaan, diantaranya PERTAMINA & Kontraktor Produk Sharing (TOTAL, VICO, dan UNOCAL), yang berperan dalam menyediakan bahan baku (gas alam) untuk proses pembuatan ammonia, KPI membeli gas alam ini sebagai sole feed stock. Produk ammonia yang dihasilkan disuplai ke industri kimia yang mengolah ammonia menjadi produk lain seperti urea, acrylonitrite, ammonium nitrate, ammonium sulfate, dan melamine. KPI mengekspor melalui contrated offtakers yang sebagian besar dikirim ke pasar asia seperti Thailand, Philipina, Jepang, Cina, dan juga untuk penggunaan dalam negeri sendiri.


Konstruksi PT. KPI secara keseluruhan dikerjakan oleh Mitsubishi Heavy Industry (MHI), dengan 80% dari total investasi didanai langsung oleh MHI sendiri. Pengerjaan konstruksi dan pilling work dimulai pada bulan Februari 2000 dan selesai pada Oktober 2001. Pada tanggal 14 November 2001, pukul 14.00 WITA, tetesan perdana amoniak dihasilkan dari plant PT. KPI. Dan pada 1 Desember 2001, dilaksanakan pengapalan perdana. Setelah performance test selesai dilakukan oleh MHI pada 14 Desember 2001, maka pada 1 Februari 2002 produksi secara komersil mulai dilakukan.

Disadur dari: berbagai sumber

29 komentar:

Anonim mengatakan...

wah, good luck KP nya ka. Btw kenapa ga KP di PT. Pupuk Kaltim ka?

Abu Affan mengatakan...

Soalx PKT bisa nerima mahasiswa KP periode bulannya mulai april... kelamaan kalo musti nunggu sampai april, selain itu juga karena fasilitas yg disediakan KPI ya lumayan lah...:)

Perlu dipikirkan dr sekarang buat adek2 tingkat yg mau KP, rencanakan mau KP dimana dr sekarang....

zanit mengatakan...

nice info kak...
oia kakak,fasilitas yang disediakan KPI itu apa aja kak kalo boleh tahu?

Abu Affan mengatakan...

@Zanit: hehe rahasia perusahaan sih.. lumayan lah....:)

btw, zanit anak tekim juga? angkatan berapa ya??

zanit mengatakan...

iya tekim jg..lg bingung nyari tmpt kp..oia kak kata tmn saya biasanya yg kp di kalimantan biasanya dpt mesh ma uang saku tp kadang ada yg ngasih transpot ma akomodasi jg..bener ga kak?soalnya saya masih belum tau nih..oia waktu kk kp disana banyak jg ga yg dari univ lain??

Abu Affan mengatakan...

@zanit: tekim unlam juga? angkatan berapa?

Iya bener, tergantung perusahaannya...

Kalox di tempat saya KP, ga banyak.. pas kebetulan ini cuma kami saja...:)

InsyALLOH kalox ad waktu nanti mau bikin postingan tentang KP dan hal2 yg berhubungan dengannya...

rizal mengatakan...

isa mas, saya sekarang KP d PT. KPI.
bisa minta bantuannya mas,.
kalau masih ada, saya bisa minta softcopy laporannya mas,.?
mohon bantuannya mas ya.....

Aan Ghufran mengatakan...

Salam Mas
mas, saya alhamdulillah dapat panggilan utk proses recruitment di PT.KPI.
Saya cb googling trnyta ada bhsan ttg KPI dr mas, dan mas bekerja di KPI ya?masih brkerja disana mas?
Kalau berkenan blhkah saya minta contact dras yg bisa dihubungi, blh berupa nmr hp atau ym. saya harap bisa bertanya2 ttg KPI dan recruitment nya sendiri.
Terimakasih Mas

Salam
Ghufran Mahfuzh

Indraawatiii mengatakan...

asslm, saya baca ini masnya kp dia KPI ya? rencana saya jga mau kp dsna tpi saya dminta utk kirim surat kp nya di email, kalo bisa saya minta alamat email PT. KPI dari masnya :) dan share2 dong ttg pngalaman kp dsna
makasih

Unknown mengatakan...

Bagaimana caranya bisa melporkan karywan kaltimparna yang sudah melkukan penipuan

Unknown mengatakan...

Mas klo ngambil cuti d pt.kp itu gmna ya..

Unknown mengatakan...

Mas klo ngambil cuti d pt.kp itu gmna ya..

Unknown mengatakan...

mas mohon informasinya jika butuh penerimaan storeman untuk smk

Unknown mengatakan...

mas mohon informasinya jika butuh penerimaan storeman untuk smk

Unknown mengatakan...

banyak ilmu yang dapat di gali di kpi

Unknown mengatakan...

Mana ada masa konstruksi cuma 1 tahun?

Anonim mengatakan...

Fabrikasi Reformer PT. KPI dikerjakan oleh PT. Industri Peralatan Pabrik yang ada di plant site PT. PKT...

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum mas, saya dari teknik kimia Undip. Alhamdulillah keterima kerja praktek di PT.KPI. kalo mau tanya tanya soal kegiatan dan hal hal lain mengenai atmosfer kerja praktek disana boleh?

Unknown mengatakan...

Calon suami saya mengajukan cuti pernikahan dan di acc oleh dewan direksi selama 3bln..tp diminta dulu bayar sebesar RP7.6jt untuk penebusan dirinya dan akan di kembalikan nanti setelah calon suami saya bekerja kembali dan kami pun fisini membayarnya..tapi pas mau ambil uang gaji yang di depositokan harus membayar RP9jt untuk menembak tanda tangan saya yang di wakilkan kepada 3 anggota direksi BANK INDONESIA..sampai sekarang calon suami saya tidak bisa pulang dan terdampar di mes kantor..bagaimana caranya agar calon suami saya bisa pulang tanpa harus membayar biaya tersebut..karena gaji selama beliau bekerja 3.2 tahun itu akan di bekukan..mohon bantuan nya kepada PT KPI..karena gaji dan cuti itu hak pegawai..mohon kebijakan dari PT KPI

Unknown mengatakan...

Mohon di tindak lanjuti karena saya cuman di beri waktu 2hari klo tidak di bayar uang tersebut maka calon suami saya akan di mutasikan..mohon dengan amat sangat bantuan nya PT KPI dengan tidak mengurangi rasa hormat saya.

Kiki mengatakan...

itu benaran,mbak?calon suami saya juga karyawan PT.KPI dan kmrn dia bilang syarat mengajukan cuti pertunangan/pernikahan memakai buku tabungan calon istri..yg ktnya buat penjaminan gaji suami...itu benar gak mbak?

Unknown mengatakan...

maaf mba kiki apa yg mengurus utk karyawan itu bernamapak bambang ??

Unknown mengatakan...

Calon suami sy jg mengajukan cuti nikah tpi dari pihak kantor harus ad uang 7,8juta buat ongkos bener gk sih seperti itu kata pihak kantor setelah calon suami sy di darat uang gaji baru di ksh mf untuk pt kpi tolong info

Unknown mengatakan...

Iya pak namanya pak bambang,,,, tolong infonya itu bnr ato gk????

Unknown mengatakan...

Sama saya juga penasaran dngn itu bnr apa gk sich

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum ka, mau nanya, bagaimana alur pengajuan dan pengiriman proposal kerja praktek di PT KPI ? Dan bisa mibta no HRD yang ada di KPI ka, makasih banyak sebelumnya.

Unknown mengatakan...

saya mengajuk kan cuti calon suami.ap harus biaya sendiri untuk sewa bot jemput calon suami saya.ap bukan perusahaan yang tanggung ato tidak.saya mohon batuan nya

Unknown mengatakan...

ya itu bener pak .saya pingin tahu juga.di harus besok harus ada biayaanya

Unknown mengatakan...

saya mengajuk kan cuti nikah.tapi harus biaya jemputan calon suami saya.apa di hrus kn sewa bot sendiri ato bukan perusahan.mohon maaf hormat saya pak.ibu elisa monieva

Posting Komentar

Komentar di bawah sini ya...